Nov 6, 2011

Dulu konten digadang2, lama2 cuma wacana, kini komunitas digadang2, lama2 apa?

Komunitas beda dengan konten. Kalau konten diutamakan, dijadikan kendaraan, selalu disebut-sebut di berbagai forum, lalu kemudian tak ada tindak lanjut yang signifikan, tidak terlalu berpengaruh efeknya. Paling-paling tidak ROI, dan trauma dalam menggelontorkan biaya marketing dan promosi konten.

Namun Komunitas tidak akan seperti itu. Komunitas adalah sekumpulan benak pikiran yang masing-masing bisa membaca, menyerap dan menyimpulkan apa-apa informasi dan experience yang mereka dapatkan.

Perlu kehati-hatian dalam membawa pemahaman komunitas dan komunitasnya sendiri dalam tata kelola bisnis produk. Komunitas selalu memberi respon, dan respon itulah yg harus kita drive.

Dan kita tidak bisa lalu kemudian tak melakukan apapun terhadap komunitas yang kita gadang-gadang tadi. Its suicide.
regards,

Regina Lenggo

Sent from my TORCH Blackberry®