kesannya keren banget gitu di awal2 iklan itu diputar n di presentasikan di segala media. dengan iming2 harga murah plus segala fasilitasnya. kalo mengingat kejayaaan mentari yg mana (which is) dia pertama kali melemparkan fasilitas anti roamingnya, pasti dong banyak yg percaya. mentari... gitu lho. yakin deh pasti banyak masyarakat yg beli perdana mentari tersebut.
coba ingat2 kembali kejadian kartu jempol dari xl kemaren dan kartu bebasnya juga. keren sih di awalnya, sms gratis dan nelpon gratis, walo antara sesama pengguna xl. tapi apa yg terjadi setelah itu berlangsung? eror dah dimana2. yg sms nya kagak nyampe, pending melulu malah kadang failde (masih mending kok masih banyak yg ke delivered... masih mending??????....) nelp mulai jam 11 malem error in connection muluk, sampe bengkak tuh jempol nge redial nomer yg mo di call. kalo gk pake handset yg oke keypad ama bodynya, pasti dah banyak pelanggan yg ganti cashing setelah make jempol ama xl, saking getolnya mejet keypad hp (makanya pake hape yg rada keren dikit, bukan apa2, di indonesia kalo barang murah, dijamin dah gampang rusaknya :P).
dan coba ingat2 kembali setahun yg lalu, lebaran tahun lalu, matrix selama kurang lebih tiga hari gk bisa isi pulsa, gk bisa cek pulsa dan so pasti eror pas ngirim dan nerima sms, eror pula pas nelpon.
dan kini, kejadian itu terulang kembali, wow! ternyata jualan di indonesia itu enak deh, kepercayaan masyarakat itu gampang banget dicari, asal punya brand, asal dipajang dimana2 asal pernah jaya, pasti deh masyarakat percaya. karena apa? kebanyakan masyarakat indonesia itu nrimo. ya gak papa lah eror bentar, paling besok atau lusa terdeliver juga... ya gak papa lah gk bisa nelpon, ntar beli karu perdana merk ABC aja buat kirim sms. ya gak papa lah gak bisa isi pulsa, jadi hemat gk perlu isi voucher dulu. ya gak papa lah... Nah budaya "ya gak papa" ini lah yg dipake sebagian produsen di indonesia untuk berlenggang memasarkan produk2nya yg ternyata masih belum becus di pasar.
sejak h-2 dah sulit banget menghubungi no telp mentari, sejak h-1 sampe kini h+1, 80% sms ke pending, sebagian besar (gk ngitung sih tepatnya berapa) penelpon yg menghubungi nomer mentari, teriak2 jengkel, susah banget nyambungnya, malah putus disaat baru connect.
taun depan begini lagi? apa ini yg dinamakan mudik asyik? untung aja punya 2 nomer.
jadi moral dari ini semua,
1.jgn cuma punya nomor hp dari sebuah telepon provider aja.
2.jgn percaya hal2 murah yg ada di indonesia. (udah murah kok minta bagus!).
No comments:
Post a Comment