Jul 7, 2006

KAMU

Di Indonesia, pada umumnya ber-"kamu" kepada orang kedua adalah hal yang biasa dalam pergaulan sehari-hari. tapi untuk pergaulan yang lebih resmi, sebagian orang merasa, sebutan "kamu" terdengar cukup kasar dan kurang resmi.

kamu... Orang tuaku melarang aku untuk berkamu2 pada siapapun di masa kecilku. daripada bilang "kamu" mending sebut nama, misal, "boleh pinjam buku putri nggak?" bukan "boleh pinjam buku kamu gak?", nah seperti itu.

begitu pula selama bekerja di kantorku ini, sudah hampir 8 tahun, sejak awal, sebutan untuk orang kedua, berapapun umurnya, kalo pria dipanggil bapak, kalo wanita dipanggil ibu. contoh, "email sudah dikirim ke ibu, jadi tolong segera di reply ya?", contoh lain, "tadi kan sudah saya bilang ke bapak, dokumen tersebut sudah di copy dan ditaruh di meja bapak".

mungkin kerasa beda jika kata bapak dan ibu diatas diganti menjadi kamu... kurang polite rasanya. apa aku yg terlalu sopan?

1 comment:

  1. hmm emang gitu kok re...
    tp.. biasanya pengalamanku.. kalau yang lebih tua ke lebih muda.. boleh dan sah sah aja ber kamu kamu. .apalagi kalau bos ke bawahan..
    ya to?
    tp kalau ke temen.. biasanya baru ketemen deket dan seumuran barulah kita berani ber kamu kamu gitu...
    kalau cuma kenal kenal biasa.. tetep aja masih panggil nama..
    but... kalo yang lebih tua memang ndak wajar kalau berkamu kamu...

    itu tulisan diatas berdasar pengalamanku lho ya.

    ReplyDelete