Aug 3, 2011

KONTRIBUSI

Sesungguhnya kata kontribusi mengandung makna yang saling mendukung, sangat positif. Memberikan kontribusi, memberi sesuatu yang lebih, ikut mendukung proses penciptaan, ikut urun rembug.

tidak ada yang namanya KONTRIBUSI negatif, jika ada pasangan kata itu, maka itu hanya oxymoron sebagai ungkapan sesuatu yang berbeda dari kontribusi itu sendiri.

Dikala seseorang memberikan KONTRIBUSI-nya, merupakan sesuatu yang pasti bahwa dia melakukan sesuatu untuk sesuatu. Diperlukan alat ukur yang konsisten dalam memastikan seberapa besar KONTRIBUSI yang diberikan, namun seharusnya alat ukur itu adalah alat yang sama untuk mengukur KONTRIBUSI pihak lain dan hasilnya nyata untuk dibandingkan.

Juga skala konsistensi dari alat ukur KONTRIBUSI tersebut, apakah yang diukur adalah parameter A tanpa B, dan sampai akhir periode tetap yang diukur adalah parameter A walaupun bagaimanapun kondisi parameter B.

menjadi sesuatu yang mubazir jika nilai KONTRIBUSI seseorang hanya diberikan atas dasar informasi luar yang tidak tau apakah parameter alat ukur yang sudah disebutkan di atas tadi. Yang terjadi adalah ambiguitas nilai, ketidakjelasan konsep KONTRIBUSI dan tidak adanya konsistensi penilaian KONTRIBUSI tersebut.

hidup KONTRIBUSI!

No comments:

Post a Comment