Oct 5, 2007

Parcel oh Parcel




Menurut anda parcel lebaran itu apa sih? suap? biar report diterima bos tanpa komplen? biar menang tender? biar lancar birokrasi? macam-macam lah interpretasi orang-orang mengenai parsel ini. cuma gara2 banyak petinggi2 yang menerima ratusan parsel dan mubazir sehingga ada larangan nerima parsel. please deh. gara-gara ada oknum petinggi yang memanfaatkan event lebaran ini untuk menerima parsel berupa mobil mewah atau dana sekian rupiah, membuat cara bersilaturahmi dan mengungkapkan season greetings dengan cara ini menjadi "haram".

Padahal ambilah contoh perusahaan2 yang memang menganggarkan cara greeting ini untuk para client maupun partner bisnis nya. karena ungkapan ucapan selamat ini bisa jadi merupakan gengsi dari perusahaan tersebut, dan cara memberikan ucapan yang lebih polite, sama seperti karangan bunga untuk anniversary, ultah, maupun orang sakit dan meninggal. sama2 dibeli pake uang dan sama2 diberikan untuk mengungkapkan perasaan kita.

nah sekarang memberikan parsel itu dilarang, pake ada ancaman dilaporkan ke kpk segala. hebat banget kpk kalo sampe ngurusin kirim2an parcel lebaran/hari raya laen. padahal masalah korupsi yang jauh lebih gede sebejibun.

dan saat ini banyak penolakan-penolakan terhadan pemberian parsel. ini menjadi sesuatu yang disayangkan bagi mitra kerja. apalagi yang memang sudah menganggarkan untuk pengiriman parsel ini. akhirnya mereka mengubah dari parsel ke acara dinner. nah kan sama aja? sama-sama ngeluarin duit, sama-sama untuk mengungkapkan ucapan.

u nerima parcel. u nerima ajakan makan malam, apakah ada bedanya? ternyata di indonesia keduanya berbeda.

halah...

No comments:

Post a Comment