Oct 25, 2007

sekali lagi, Orang Indonesia? CAPE DEEEEEE!

geliat iklan di Indonesia akhir-akhir ini mulai terasa panasnya. iklan2 baik yang ada di media televisi, cetak maupun billboard makin menarik dan makin asik aja untuk dinikmati. lama-lama iklan adalah komoditas mata dan pikiran sehingga pantas masyarakat senang untuk menikmati iklan. hal ini telah mengubah image iklan yang dulu nyebelin, sekarang menjadi makin ditunggu atau menjadi bahan pembicaraan asik di kala nongkrong-nongkrong.

dulu mana ada yang mau liat iklan di televisi, sekarang iklan kadang ditunggu apalagi iklan bersambung bercerita. iklan yang ada ceritanya, lucu dan ada sambungannya di periode berikutnya. duku saat iklan di televisi, orang akan mengganti channel, sekarang mungkin jarang, karena iklan makin menarik dan menyenangkan untuk dinikmati walaupun berkali2 (contoh iklan yang nggak ngebosenin adalah iklan anak bawel yg nungguin mamanya bikin kue, iklan selama bulan ramadhan) sampe bikin terharu dan menitikkan air mata.

walaupun tetep ada iklan yg nyebelin dan membuat masyarakat "merasa dibohongi" yang kebanyakan dilakukan oleh operator telekomunikasi.

saat ini ada iklan menarik yg lagi dibahas, yaitu iklan billboard amild dengan seri: siang dipendam, malam balas dendam. yang berkaitan dengan bulan puasa, walaupun disitu nggak disebutkan mengenai puasa. tidak ada kata2 selamat menunaikan ibadah puasa, tidak ada kata2 bulan ramadhan.

tapi anehnya ada sebagian umat muslim yang berpuasa tersinggung mengenai hal itu. nah kan? aneh kan? ribet amat pikiran orang-orang indonesia ini.

lihatlah sekelilingmu, di bulan puasa ini, berapa persen dari orang yg berpuasa sih yg balas dendam di malam hari karena siangnya menahan makan minum dan rokok? please deh, biasa aja kaleee, itu terjadi man, setidaknya di indonesia. sudah layak itu terjadi, toh sebagian dari kita saat melihat iklan itu pasti mikir: iya ya, kenapa sebagian dari kita masih begitu?

bukannya malah ada yang tersinggung merasa terhina, aduh kok dalem amat ya perasannya, padahal ya iklan itu nggak nyebutin tentang puasa, dia nggak nyalahin peraturan apa-apa dong. apaan sih, gitu aja kok repot.

jika dipandang dari sudut yg lebih luas ya mikirnya pasti bahwa iklan itu adalah iklan himbauan supaya jangan balas dendam di malam hari kalo siang hari kita sudah berbuat baik untuk menahan hawa nafsu. gitu dong cara berfikirnya, nggak kayak anak tk yg dijitak nangis, nggak mikir dulu kenapa dia dijitak, alasan apa dia dijitak.

memang orang indonesia ini banyak yang masih bermental tk, atau play group? padahal anak2 playgroup sekarang dah pinter2 saking banyak gizinya...

prettttt....

No comments:

Post a Comment