Dec 2, 2008

kejawen

suatu hari di sebuah milis yang sangat open, artinya bukan harus membahas sesuatu yang khusus, ada seorang teman yang membahas tentang kaitan hari lahir seseorang dengan kelebihan dan kekurangan seseorang itu dan kaitannya dengan kehidupan dan karir seseorang itu. padahal waktu itu antara beberapa dari kita tahu bahwa yang dilakukan teman tadi hanya copy paste dari aplikasi primbon online. tak hanya dia tau bahwa hal tersebut adalah hal yang lucu dan membuat orang lain ketawa, dia juga berharap bahwa tulisan dia akan menjadi wacana bahwa kita memang masih tinggal di indonesia, bukan di negara lain.

mungkin hal tersebut sangat membuat sebagian pihak ketakutan bahwa akan banyak yang mengikuti dan mempercayai tulisan tersebut. nggak usah ditulis, tetap banyak kok yang percaya kejawen, dan kebanyakan mereka nggak ikut-ikutan, mereka secara sadar mau mengikuti ajaran tersebut. adalah tugas kita memang untuk meluruskan mereka, tapi apakah kita kena target? itu diluar apa yang akan dibahas disini.

para member milis yang kurang lebih tidak berbeda jauh cara berdikir daya nalar dan keimanannya, harusnya bisa menyikapi tulisan tersebut, apabila memang ada yang percaya terhadap primbon tidak akan serta merta percata, bahkan kalo percaya pun dia akan cari informasi yg lebih valid daripada si penulis yang copy paste itu tadi.

sungguh menyedihkan kondisi indonesia yang memiliki banyak ragam budaya, keyakinan, dan adat istiadat menjadi hal yang membingungkan bagi anak cucu kita nanti jika ada sebuah paham yang mendiskreditkan adat budaya tadi... akankah dibiarkan punah?

bukankah sebaiknya ragam adat istiadat tadi tetap dibiarkan demikian adanya tetapi menjadi tugas kita untuk memberikan pemahaman yang baik kepada keturunan kita untuk supaya mereka bisa menyikapi berbagai ragam budaya tadi?

2 comments:

  1. namun sayang, para petinggi di negeri ini lebih mementingkan korupsi daripada mikirin kebudayaan yang beraneka ragam jumlahnya itu .. ;)

    ReplyDelete
  2. sampai sekarang kadang-kadang i juga baca yang kayak gitu. komentarnya cuma 2:
    emang aku gitu atau
    ah aku ga gitu kok
    dari temanmu di friendster Laras
    http://tulisan-iant.blogspot.com

    ReplyDelete