Aug 17, 2004

dirgahayu indonesiakuw


dirgahayu deh buat RI.

lima puluh sembilan tahun sudah indonesia dinyatakan (atau menyatakan diri?) merdeka. klise ye? ya emang, seharian ini dimana-mana selalu theme nya dirgahayu RI ke 59. dimana-mana ada merah putih, dimana2 ada spanduk, dimana2 ada ucapan selamat.

di tiap rw ada perayaan, ada lomba makan krupuk, balap karung, ngambil duit pake mulut, bawa klereng pake sendok di mulut, lomba bakiak tandem, banyak dah. tapi kok seharian ini gk ngeliat ada panjat pinang ya? oh kemana kau pinang? aku rindu riuh rendah mu, aku rindu teriak kegiranganmu saat sepeda itu teraih, aku rindu gempita ibu2 saat panci itu teraih, aku rindu tepuk tangan anak2 saat kaus oblong-kaus oblong itu teraih dan dilempar ke anak-anak itu.

bener2 kite dah merdeka ye?

merdeka dalam arti sudah bisa berbuat apa saja (asal yg baik sih dan nggak ngelanggar hukum dan norma) tanpa ada tekanan dari pihak lain. (kayak udara aja ada tekanan). tapi apa bener tuh kita dah merdeka? ya kalo diliat dari arti merdeka yg tidak lagi menjadi jajahan negara lain ya emang iya dah 59 taun kita merdeka. bisa bikin perlombaan di rw, bisa main bola memperebutkan duit dari pak lurah...

No comments:

Post a Comment