Oct 6, 2006

berhutang

siapa di dunia ini yang nggak pernah berhutang? mungkin sedikit ya yan benar-benar tidak pernah meminjam ke orang lain. apalagi saya yang punya beberapa kartu kredit, yang kalo nggak dipake, sayang banget, fasilitasnya nggak kepake. konsumtif? tunggu dulu, itu bukan konsumtif, kita bahas di lain posting ya mengenai hal ini.

mungkin sebagian orang merasa meminjam, kita pake kata meminjam aja ya yang lebih enak kedengerannya di telinga, adalah hal yang sangat wajar, apalagi ke seorang teman, teman baik pula. dan meminjam adalah hal yang lumrah jika seorang teman kesusahan dan teman lainnya kelebihan. bagi peminjam, melihat profile seorang teman yang tak pernah mengalami kesulitan finansial bisa jadi melihat tambang emas yang sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan jika keadaan kepepet.

sebagai intermezo, si kokom pernah bilang ke saya, "re... kom kerja di re terus aje ye". trus saya nanya,"nape emang kok seneng banget kerja di gw, padahal cucian gw bejibun, secara gw ganti baju perhari 2 setel, lom lagi kalo ari minggu gw kondangan, ade brape stel tuh". kokom berkata, "kagak nape deh, kom seneng kok kerja di rere, pan kerja di rere serasa punya ATM". gw langsung berkunang-kunang....

kembali ke urusan meminjam, mungkin ada di sebagian kita yang sulit untuk berkata tidak. "ya gimana ya... gw gak tega, dia bener-bener butuh buat makan", atau "gw gak tega gak ngasih, palagi dia tau gw emang lagi dapet banyak rejeki". dan itu bener-bener terjadi. ada juga orang yang minjem maksa, ngajak ke atm dan minta diambilin dua lembar seratusan, karena temen lama dan sebelom-sebelomnya juga mau aja kalo dimintain pinjem.

mungkin benar sebagian orang bilang,"ya sudah kalo emang begitu keadaannya, ikhlaskan aja, toh percuma mo ngedumel dari sahur sampe buka, tetep aja dia nggak akan inget bayar utangnya kan?"

No comments:

Post a Comment