Oct 18, 2006

puasa, hanya menahan lapar dan haus kah?

Di waktu kecil, sepertinya syarat puasa adalah nggak makan dan minum sejak subuh hingga bedug maghrib tiba. tentu saja dengan syarat-syarat lain yang sangat mudah dimengerti, nggak boleh nangis, nggak boleh nakal ama temen, nggak boleh marah-marah. sangat mudah tapi dulu nggak ngerti kenapa. ya pokoknya begitu.

setelah dewasa, seharusnya manusia yang dianugerahi akal sehat dan hati yang bersih dapat mengambil nilai dari puasa. tidak hanya "tidak-boleh"2 di masa kecil itu, tapi segala sesuatu beyond that. mengapa nggak boleh makan? mengapa nggak boleh minum? dan tidak boleh marah2 dan lain-lain.

makan dan minum adalah wujud nafsu manusia yang paling nyata, dan mungkin bagi sebagian manusia sangat sulit untuk mengendalikannya. itulah kenapa hal yang paling mendasar adalah tidak boleh makan dan minum. mengapa tidak sekalian ngak boleh bernapas? karena bernapas itu syarat hidup, nggak perlu nafsu untuk menghirupnya. dan akan mati setelah lebih dari 10 menit menahan napas. tapi untuk makan dan minum dari subuh ke maghrib nggak akan membuat manusia meninggal karena kelaparan dan kehausan.

nafsu yang lain mungkin sudah lebih jelas, dan dari keseluruhan larangan2 puasa adalah menuju ke satu hal, pengendalian diri. menahan untuk melakukan sesuatu yang bisa dilakukan di waktu yang seharusnya, menahan untuk tidak melakukan sesuatu yang seharusnya memang tidak boleh dilakukan.

sayang ramadhan segera berakhir...

1 comment:

  1. mohon maaf yah re...

    mudah2an amal inadah shaum yg telah ..sedang dan akan kita jalanai di terima Allah SWT.amein

    mulih kampung ra iki?

    ReplyDelete