Sep 9, 2008

Kontroversi Acara Sahur

Pada saat sahur selama ramadhan ini aku lebih suka nonton trans tv, dengan komeng adul dan olga dkk. garing? emang, ecek-ecek? emang, gak mutu? emang. Tapi aku bisa ketawa dan ilang ngantuknya.

Banyak sekali yang bilang bahwa selama ramadhan sebaiknya fokus pada ibadah, tinggalkan hal-hal yang gak perlu. Ya memang betul itu. Tapi... hidupku dan mungkin hidup banyak orang lainnya memang penuh dengan "tapi".

Dunia berkembang, teknologi berkembang, kebutuhan manusia berkembang. Kebutuhan manusia juga berkembang. Ibadah juga berkembang, karena kesadaran akan adanya sang pencipta juga semakin besar. manusia diciptakan sedemikan kompleks dan banyak keinginan dan beragam antara satu manusia dengan manusia lain.

Jadi ya wajar-wajar saja sebagian besar masyarakat indonesia masih menginginkan acara sahur sekelas trans tv, dengan bukti rating yang tinggi ("Hadiansyah bersyukur acara Saatnya Kita Sahur mendapat respons bagus dari penonton. Audience share-nya rata-rata mencapai 25,7 persen pada minggu pertama ini." diambil dari kompas). Yang dapat diartikan bahwa masyarakat indonesia untuk acara sahur di pagi hari, harus nyiapin makan buat keluarga, mbangunin suami-anak-anak, kerja di pagi hari nantinya, membutuhkan acara yang ringan, lucu danbikin ketawa seperti ini.

Penonton dibikin bodoh dengan kuis? kuis-kuis sperti: adul sedang apa? pada saat itu adul sedang menirukan gerakan orang makan, dengan jawaban pilihan: a. adul sedang naik sepeda, b. adul sedang makan.

Yaiyalah gampang, emang penonton senang dibilang bodoh? penonton tv sedang dikasih duit. hahaha. itu saja kuncinya. Kuis yang sulit akan menyita durasi waktu tayang, tidak efektif dan tidak merata untuk semua supplier iklan disitu. dengan kuis yang gampang, acara jadi tidak monoton (seperti film-film indonesia yg lamabt banget alur ceritanya) dan cepat berganti scene panggung. kan bosen kalo liat kuis yang nunggu2 telp masuk dan jawabanya salah-salah melulu.

Itulah kenapa acara Saatnya Kita Sahur mendapatkan rating yang tertinggi (sementara) di bulan ramadhan 1429 H ini. Mereka pinter bikin acara menarik dan tidak membosankan, dan mengandeng mitra2 sponsor yang mau menggulirkan hadiah kuis yang nggak tanggung2... mak nyus bagi yg dapet...

1 comment:

  1. wahh,,,,dari sekian bnyak blog yg ngebahas acara sahur,,,yang udah bnyak saya liat,,,

    cuma blog ini doank yang punya statement yang bner,,,

    kbnyakan blog/forum lain yg ngebahas ttg kontraversi acra saur,,cuma bisa mencela,,,mengkritik tapi gak bersifat ngebangun,,,cuma bisanya menjatuhkan,,,
    walaupun yang punya blog bilang niatnya/tjuannya cuma bginilah bgitulah,,,
    banyak alasan cuma gak berbobot,,,malah lebih terlihat bersifat egois,,,mandang diri paling bnar tapi gak melihat secara kseluruhan,,,

    yang jelas top deh yg punya blog ini punya paradigma n pikiran yang luas,,

    ReplyDelete