Oct 31, 2005

bahasa endonesa?

tulisan ini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda 28 okt.

sejak kapan kamu merasa bahwa bahasa indonesia itu suck? atau itu terjadi karena rendahnya pengetahuan kita tentang bahasa indonesia? wah ya nggak juga. sejak kelas 1 sd hingga 3 sma kita dapet pelajaran bahasa indonesia, 12 tahun bo, bayangin. kalo manusia selama 12 tahun diajari hal yang sama, sudah seharusnya kita semua menjadi expert, atau semi expert, atau setidaknya sebodoh2nya jadi ngerti berbahasa indonesia dengan baik dan benar.

waktu aku kecil, dan sakit pilek, harus sisi supaya ingus keluar dan hidungmenjadi lega. makinkesini aku nggak tau sisi itu bahasa indonesia atau bukan, karena lama kelamaan orang2 yg berbahasa indonesia menyebutkan kegiatan itu dengan: buang ingus.

waktu aku kecil, perutku mules, kata mama suruh jongkok di wc2 an kecilku yg berbentuk bebek, ee dulu nak. sampai aku sd kata ee itu tidak ada kesan jorok atau tabu, karena emang ee adalah kegiatan kita sehari2 dan alamiah. even nyamuk pun juga ee. dan makin kesini makin dimengerti bahwa kata ee itu nggak seharusnya disebutkan di depan umum, karena jorok dan tabu. dan sekarang kata yang lebih cocok adalah buang air.

betapa ngak efektifnya bahasa indonesia. sebuah ungkapan yang bisa kita sampaikan hanya dengan2 suku kata (sisi) harus menjadi empat suku kata (buang ingus)...

1 comment:

  1. Mending bahasa inggris aja ya..
    "ML" kalo dibahasa indonesia-in jadi "berhubungan intim". Bahasa endonesa itu mencerminkan sifat warga-nya = ribet, liat aja kawinan orang indonesia.. ribeeeeet bgt

    ReplyDelete