Dec 4, 2006

Halal vs Haram

apakah anda tahu pasti apa yang anda makan, minum, kenakan, pegang, bicara adalah semuanya HALAL? apakah anda takut berinteraksi dengan sesuati yang tidak (belum) terbukti halal?

halal dan haram memang menjadi sebagian isu utama di masyarakat indonesia yang sangat mudah kena hoax dan termakan opini publik. sekali nya sebuah produk dinilai haram, beramai-ramai masyarakat akan meninggalkan danmenghujat produk tersebut, hingga si pemilik produk pontang-panting mencari sertifikat halal dan menempelkan sertifikat halal itu di setiap sudut toko maupun kemasan produknya. (ingat masalah dunkin donut dulu).

sangatlah benar kalau kita mengikuti ajaran dan aturan agama, malah harus. di dunia ini selalu ada hitam dan putih. nggak semua yang hitam bisa dipaksakan menjadi putih. dan kehalalan memang mejadi hal utama untuk judging sebuah produk, bahkan untuk sabun pun jika mengandung partikel yang nggak halal pun dapat dijauhi masyarakat.

kadang yang menjadi polemik adalah kondisi masyarakat yang mencibir masyarakat lain yang mengkonsumsi sesuatu yang dianggapnya haram, walo belum ada stempel tidak halal. di masyarakat kita masih menjadi hal yang kondusif untuk timbil konflik.

mungkin lebih enak kalo hidup di sebuah lingkungan yang cuek dan tidak terlalu ngurusin apa-apa yang dikonsumsi oleh tetangga sebelah...

No comments:

Post a Comment