Aug 6, 2007

Om Roy Suryo in action... lagi!

di indonesia ini, hal-hal sepele yang membuat orang lain terkenal (secara instan) memang sering membuat gerah sebagian orang lain. hal-hal yang sangat simple yang mungkin orang lain baru sadari setelah si pelaku melakukannya, bisa membuat jenggot kebakaran.

penemuan file lagu indonesia raya versi lengkap memang dilakukan oleh tim air putih dan om roy suryo yang terkenal itu. dan bagusnya mereka tidak meng-klaim bahawa merekalah yang menemukan lagu itu, wong lagu itu sudah ada sejak th 1928. mereka hanya membantu memasukkan lagu/file tersebut ke badan arsip nasional, yang kebetulan saat file tersebut di retrieve oleh mereka belum dimiliki oleh arsip nasional kita.

memang, file itu tidak hanya ada pada server di belanda tersebut, pasti banyak juga yg menyimpan, toh di youtube juga ada sejak lama, tapi om roy suryo sekali lagi, dia pandai memanfaatkan momentum. buktinay semua stasiun televisi juga ikutan pinter kan dengan menyiarkan koar2nya om roy suryo, rating berita jadi kenceng dan kita semua yg gk/jarang akses ke youtube atau search di internet. so jangan anggep roy suryo cari popularitas dong, secara pribadi saya berterimakasih padanya karena saya jadi tau tentang hal ini. kalo ada yg lebih tau dahulu daripada saya apalagi roy suryo... KASIAN DEH LU, napa nggak berinisiatif menyerahkan ke badan arsip nasional? napa nggak sampaikan ke masyarakat melalui media yang lebih umum dibanding internet (di Indonesia) hehehe...

seharusnya udah bener kan? niatnya adalah supaya arsip nasional kita punya file penting tersebut. apakah itu penting? bagi negara yang menghargai jasa pahlawan dan memperhatikan sejarah, harusnya hal ini penting, malah jadi aneh kalo badan arsip nasional selama ini nggak punya file penting ini.

masalahnya pers kita sedikit salah menyampaikan proses ini, kedengaran bagi sebagian pihak adalah tim air putih dan roy suryo menyatakan bahwa file ini adalah lagu versi asli dari lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya. padahal niat roy suryo dan air putih bukan begitu. selain membuat badan arsip nasional kita makin lengkap, momentumnya juga kok ya pas ya mo 17an. awal agustus begini berulang2 kita mendengan lagu indonesia raya versi 3 couplet cukup menggugah rasa nasionalisme (ya gak sih?) yang biasanya kita mendengar lagu-lagu perjuangan dari tape dengan suara kenceng tapi kualitas pas2an saat lomba karung dan panjat pinang 17an, kali ini semenjak awal agustus kita mendengar berulang-ulang di acara berita televisi.

yang saya heran, kenapa harus terjadi kontroversi? klaim2an mana lagu yang asli? please deh, yang penting file ini ketemu dan orang-orang seperti saya yang nggak pernah ndengerin full versionnya lagu indonesia raya (entah asli entah bajakan entah versi jepang, entah versi siapa) akhirnya mendengarkannya, dan mengerti bagaimana lagu itu sebelum jadi lagu kebangsaan kita.

MERDEKA!

1 comment:

  1. Enak juga ya, punya nyali seperti si Om. Berani malu & berani maju.

    ReplyDelete