Apr 13, 2005

bisnis yuk

sesorean yg sangat sibuk (mungkin) bagi sebagian orang, appointment dengan 3 orang temen, berturut2. dan 80persen percakapan seputaran bisnis di luar kantor dan how to make it bigger n increasing revenue.

salah satu perbincangan adalah bagaimana orang cina berbisnis. kenapa mereka berani ngasih harga2 begitu murahnya? sebegitu bersaingnya dengan pelaku bisnis di area yg sama? karena mereka berani ngambil untung sedikit, dengan harapan produk akan laku banyak. untung boleh dikit asal banyak yg beli.

jadi inget papa bilang waktu aku kecil. waktu itu kita jualan minyak tanah, dan aku sangat malas kalo ada yg beli minyak, bau gitu loh, lagi kerjain pe er, trus jualin minyak tanah, belepotan, buku ku kena bau minyak. kata papa waktu itu,"jangan sampe se tetes pun minyak tumpah, karena walo setetes, itu adalah duit, buat kamu sekolah n beli buku!". kata papa, itu yg dia pelajari dari cara orang cina berdagang.

waktu itu aku sakit ati banget dibilangin seperti itu. emang enak, kerjain pe er sambil jaga toko? tapi saat ini aku nyadar, papa sudah ngasih training mengenai sense of belonging dan sense of selling. bagaimana menghargai produk2 kita yg memberikan revenue ke kita. setetes minyak itu duit buat kita.

No comments:

Post a Comment