Jul 20, 2005

FLU burung?

baru keliatan ya kerjanya dinas peternakan. pedagang dan peternak ayam kali ini dengan senangnya dikunjungi oleh pihak dinas peternakan yg selama ini jarang2 banget mereka temui. dengan adanya hembusan isu flu burung ini, pekerjaan pegawai dinas peternakan menjadi lebih nyata dan mengena di mata masyarakat.

tapi apakah selalu menunggu jatuhnya korban jiwa, baru mereka turun ke daerah? apakah kerjaan di dinas peternakan itu di kantor2? jadi ternak2 itu cuma dilihat dari statistik maupun report berupa angka dan tulisan belaka? apakah itu pekerjaan mereka?

sampai2 peternakan babi dan ayam di legok yg daerah pusat flu burung, tak pernah terjamah oleh dinas peternakan. ternak sakit, disuntik sendiri, ternak kenapa2 di cariin obat sendiri... lha buat apa ada dinas peternakan?

1 comment:

  1. Anonymous26 July, 2005

    hmm... iya bener sih mbak ... tp jangan terlalu gimana gitu lah pada pegawai dinas peternakan itu...
    coba kita lihat... sars, flu burung, baru baru ini streptococcus.. itu kan ya baru rame setelah ada korban jatuh. lagian siapa sih yang pengin kena penyakit penyakit yang unpredictable gitu... mana jumlah peternak unggas di indonesia ini kan buanyak pake banget.
    nah... memang sih butuh biaya untuk melacak urusan flu burung ini kalau sampai ke pelosok daerah. karena memang penyebarannya benar benar ndak bisa di prediksi. ya.. lihat aja SARS.. rame rame di sini.. ternyata.. virusnya hilang sendiri.. ya kan?
    ini kan sejenis virus yang munculnya periodik.
    let s see... usia ayam buras itu kan cuma 40-45 hari.. if... setiap periode itu di vaksin... coba berapa biayanya...
    then... kalau mau dirunut.. itu berasal dari DOC .. nah.. dicari lagi dong pusat DOC nya... belum yang babi.. belum yang bebek.
    memang complicated kalau aku bilang... but..
    kalau kita mau nyalahin petugas dinas peternakan juga... kadang kasihan...
    mereka kadang kerja itu serius lho mbak... yang ndak serius itu yang di pusat pusat itu... asal ngomong aja...
    padahal biaya ndak turun turun...
    ya.. begitulah...
    sorry kalo kebanyakan ngomong... bukannya aku petugas disnak.. but.. aku tahu bagaimana orang orang di lapangan....

    ReplyDelete