Mar 22, 2007

mengapa sesama kita saling menghujat?

jujur aja aku bukan orang yang religius (sekali lagi nih curhat). bahkan orang-orang di masalalu ku melihatku sebagai sosok yang bandel dan tidak mengenal (dekat) dengan tuhan. padahal itu semua nonsens. yah siapa sih yg tau di hati masing-masing?

sungguh sedih melihat orang-orang yang sebenarnya punya pegangan yang baik, punya panutan yang baik, punya ajaran yang baik, punya aturan yang baik. tapi sebagian dari mereka memandang sebagian mereka yang lain telah melakukan hal-hal yang buruk. padahal tidak ada kaitannya secara langsung dengan sebagian mereka yang pertama tadi. tapi apa yang dibahas adalah tingkah laku atau prinsip dari sebagian dari mereka yang berikutnya. kenapa mereka yang pertama sangat meributkan mereka yang kedua? padahal mereka semua adalah satu kaum, satu tuhan dan satu ajaran.

sebagai orang yang tidak terlalu berkait dengan mereka, sebagai orang yang mungkin dipandang tidak terlalu sejalan dengan mereka yang pertama, aku cukup bisa melihat kondisi ini. tapi efek buruk yang menimpaku adalah aku makin tidak percaya untuk masuk kepada lingkungan mereka yang pertama. mending biasa-biasa aja deh, nggak terlalu baik dan nggak terlalu buruk. buak apa menjadi baik kalau tetap menjelek2kan kaum yang buruk. padahal kaum yang buruk tadi tidak melakukan dosa, hanya melakukan hal hal yang tidak disukai oleh mereka yang pertama.

tuhan aku mengajarkan untuk saling menyayangi tidak hanya kepada orang yang baik, bahkan kepada orang yang berbuat dosa sekalipun. tidak ada ajaran yang menyuruh membahas kejelekan orang lain.

aku menjadi semakin takut (atau males?) untuk dekat dengan mereka...

2 comments:

  1. wah re...
    lha kok sama ya dengan apa yang ada di benakku...

    ReplyDelete
  2. sama gimana? hehehe ini dah lama banget aku rasakan, dan puncaknya ya kemaren itu, makin berbaur, kok makin pusing ngeliat tingkah laku mereka.

    seharusnya kan menenangkan hati, tapi kok malah masing2 mencari pembenaran sendiri.

    ReplyDelete