Apr 14, 2009

Jatim park - laporan pandangan mata

Pertama kali melihat baligo jatim park di batu - malang, yg terlintas di benakku adalah, tempat yg nggak penting. Jadi ya gak ada minat di awal untuk mengunjungi.

Kenapa? Ya dari namanya aja, biasa banget, yg ada di kepala ya taman bunga, bangunan2 yg gitu2 aja, jawatimuran. Aku dah sejak lahir di jawa timurn jadi ya ngapain liat2 tanah air sendiri? Miniaturnya pula, wong gedenya aja aku dah tau banget. Kenapa namanya musti jatim park? OMG gk ngerti gw.

Pas di malang, banyak yg men-suggest ku untuk ke BNS (Batu Night Spectaculair) dan jatim park. Karena binun mau ngapain lg di malang (gk mungkin dong ke mall secara mall yg aku suka itu grand indonesia) yasudah kita ke mbatu.

Ke selecta? Aduh ya gw sampe sekarang gak ngerti selecta itu tempat apa selain tempat pacaran. So yasudah kita ke jatim park, nyeneng2in anak.

Kesanalah kita, dan... Wadow itu park hanya dikelilingi pager beton 2.5 meter berbatasan langsung dengan perkampungan penduduk. Apa penduduk disitu kupingnya ga budeg ya ngedengerin kaset keterangan tiap2 wahana diputar berulang2.

Dan dengan membayar tiket @40rb rp, masuklah kita dan... OMG lagi duh sederhana banget, kurang wow. Diorama baju2 daerah pake manekin yg seperti di tenabang. Dan ada lab fisika kimia dan ilmu2 gt deh cocok untuk anak2 sekolah. Trus ada diorama sejarah, ada jaman batu hingga proklamasi kemerdekaan RI, kadi inget film "night @museum" niru banget.

Hewan2nya mengenaskan, kucing persia, kambing, anjing pudel dll, kelinci n hamster. Kemudian ada ikan yg diawetkan, ikan buas ceritanya. Trus ada miniatur candi2 ya gitu deh. Trus ada kids amusement, gratis kecuali go kart. Nah disini kita sebage ortu seorang batita beristirahat ngelurusin punggung. Tapi ya hati2 ya, mainannya kan dipegang banyak orang dari semua kalangan, banyak2 bawa tisu basah antibakteri ama sering2 cuci tangan pake sabun.

Tapi aka yg aku salut di Jatim Park ini, dan jelas keren. Taman burung di jatim park bagus banget dan koleksinya keren2. Dari burung2 parrot2an, kakatua dan banyak burung2 lain (aku gak apal namanya) dengan segala macam warna, sampe biru pin ada, coba liat di album potoku. Dan taman burung ini dimaintain dengan baik dan ada kurungan besar berisi burung2 jinak dimana kita bisa (harus) masuk dan bisa ikutan memberi makan.

Kemudian yg pastinya ada kolam renang bermain yg cukup besar, play land ke arah dufan2an. Aku pengen liat flying tornado yg th kemaren sempat macet di atas, yg oleh tenan nya wkt itu dibilang bonus waktu tambahan karena hari libur nasional, padahal macet/rusak, hmm what a management.

Eh ada yg lucu di loket flying tornado ini, aku lupa moto atau gak ya, tulisan yg ada di loket itu adalah: FLAYING TORNADO :). :) hahaha.

Daaaan lain2 seperti rumah hantu, rumah 3D, rumah pipa, yg males aku masukn. Oya ada taman reptil dan ikan (mini sea world). Tempat makan cukup banyak, dan ya cukup murah kalo bagi orang yg dah sering makan2 di foodcourt jakarta.

Ada satu hal lagi yg nyebelin, pintu keluar. Pas kita keluar, kita dipaksa melewati pasar2 souvenir, kaos2, jajanan oleh2 dan muter2, no way out. Bagi aku yg dah sering ke tenabang n itc, wah barang2 sana ada banyak di kios2 itu, sebel banget gak ada jalan keluar yang langsung keluar :( OMG.

Yah so far lumayan lah, konsep jatim park wao ngutip dari dufan-kota Wisata cibubur- taman mini-lab sekolahan-monas-lubang buaya, jadi beda tersendiri dan tepat tujuan karya wisata anak2 sekolah se jawa timur dan sekitarnya. Tapi moga2 ada dana untuk lebih meng-kerenkan laboratorium, baik fisika-telematika-biologi dll, konsep udah bagus, tapi moga2 bisa lebih futuristik dan menggunakan bahan2 bermutu, jgn poto albert einstein dgn print2an yg pecah semua gambarnya :(.

Ada satu lagi yg menyedihkan, ikan2 laut dalam yg diawetkan kondisinya menyedihkan :(

No comments:

Post a Comment