Nov 24, 2004

kunjungan mega ke lokasi gempa alor

menjadi seorang pemimpin negara republik indonesia dalam kondisi saat ini memang sangatlah merepotkan. semua-semua perlu perhatian, perlu dikunjungi, perlu dibahas, perlu dibikin tim khusus. presiden cuma bisa berada di satu tempat dalam satu waktu, dan dia seperti halnya manusia biasa yg lainnya cuma punya 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. gk mungkin bisa berada di beberapa tempat dalam waktu yg bersamaan. disinilah dipentingkan yg namanya prioritas. disini pulalah bisa dilihat cara berfikir dan visi dari seorang pemimpin dalam memimpin negaranya, dalam membuat skala prioritas hal2 yg segera dilakukan.

gempa di alor memang mendadak, gak ada prediksi, gak ada warning apapun. ntah apa kerjaan badan meteorologi dan geofisika kita, seharusnya gejala dan trend gempa itu sudah bisa dibaca. gempa itu menimbulkan korban yg gk sedikit (baca aja ndiri beritanya banyak kok di internet) dan kerugian yg sangat besar jika direfer dari kondisi sosial masyarakat yg tertimpa bencana gempa tersebut.

mantan presiden kita, megawati, berkunjung kesana. cukup membuat aku secara pribadi terkejut dan salut akan hal tersebut. sementara presiden kita masih sibuk, dan wapres tidak bisa berkunjung ke lokasi bencana dengan alasan mengantisipasi kekosongan pemerintahan. apa salahnya sih naik pesawat sebentar ke alor dan ajak ngobrol masyarakat sana, tentramkan hati mereka, dan sore nya balik lagi pake pesawat ke jakarta, harusnya itu bisa dilakukan. tapi ntah lah aku juga gk pernah jadi presiden maupun wapres, jadi ya gk tau sebetapa repotnya kah beliau2 itu.

salut buat mega, semoga kunjungan ini bukan hanya untuk cari muka ke masyarakat atas nama partai. semoga ini murni dari nurani, nurani bu mega dan nurani pdip. dan suatu ketika jika diberi kesempatan untuk memerintah RI kembali, bisa berbuat yg lebihi banyak untuk rakyat indonesia.

hidup indonesia...

No comments:

Post a Comment