Nov 19, 2004

madiun - jogja PP

sudah sampe aku umur segini, kondisi transportasi antara madiun - jogja, tidak ada perkembangan. prinsip nrimo selalu dipegang oleh masyarakat pengguna transportasi antara dua kota ini dan sekitarnya. sepertinya mereka berprinsip asal nyampe dan asal slamet!

gk pernah dari dulu yg namanya pergi ke jogja dari madiun dapet bis yg layak (ac, penumpang duduk di kursi semua dan nyampe tepat waktu) gak pernah itu semua terjadi dalam waktu yg bersamaan.

malah pernah diperhatikan setiap naik bis ke arah solo/jogja, bisa dipastikan ada penumpang yg mabok n muntah di tempat. mending muntah di tas kresek, ini dilantai, dengan santainya, yaicks!!!

begitu pula pada kondisi lebaran tahun ini, tak ada bedanya. bis berisi kursi 3-2 yg kalo penumpang duduknya berjumlah sekitar 54 orang, masih dijejali oleh penumpang berdiri yg jumlahnya bisa bikin si kondektur susah nutup pintu bisnya!! bayangin dah penumpang ibu2 bawa anak bayi yg digendong, tangan kirinya bawa tas penuh bergantungan di dalam bis yg melaju kencang dimana si ibu itu masih berada di pintu masuk bis itu. knapa di pintu? ya karena disitulah sisa tempat yg bisa dia tempati sesuai dengan teriakan gombal si kondektur oon: "ayo ayo... masih longgar masih longgar!" ... longgar kolor lo ape...

dan jangan ditanya soal ac, jgn ditanya bis patas. gak ada yg namanya bis patas madiun - jogja. yg ada sby-jogja yg gk berhenti di terminal2 kecil. hanya terminal end-to-end aja.

gk naik bis, kereta aja mahal dikit gpp asal "beradab". alhasil nyoba sancaka jogja - madiun yg harganya "relatif mahal" dibanding naik bis maospati - jogja = rp 12.000. sancaka jogja-madiun rp 60rb itupun bisnis tanpa tempat duduk. tetep aja tempat duduk gk dijamin ada, gk dijamin tepat waktu (terlamnat 1jam 30 menit! yg harusnya nyampe di madiun 18.41, tapi molor sampe 20.14... anjirrrrrrrr!!)

solusi paling bagus emang bener kok, pake kendaraan pribadi, macet2 dah asal gk jadi stupid people yg make fasilitas umum yg gk jelas dan bikin migrain gitu!!

solusi yg lain yg lebih educated ya bikin dong sarana transportasi yg lebih layak dengan harga yg premium, yakin deh pasti laku, refer to jumlah penumpang yg wira wiri jogja-solo-ngawi-madiun. banyak orang pinter di indonesia yg bisa buktiin bahwa kebutuhan akan transportasi yg sedemikian sudah sangat diperlukan untuk jalur tersebut.

1 comment:

  1. halo siwoer, maaf lahir batin ya...boleh dong skali2 nebeng karpet terbangmu hehehe... kapan mudik?

    ReplyDelete