Nov 13, 2004

sedihnya jadi warga negara indonesia

kesekian kali aku nulis tentang hal ini. karena juga sudah kesekian kalinya aku ngalami hal2 yg sejenis dengan hal ini. its ok lah, bisa buat counter statistik.

seperti kata penumpang kereta sebelahku, mo mudik dengan nyaman dengan harga yg paling mahal tapi kok malah apes yg didapet.

kata penumpang yg laen, mas2 yg selalu make kaca mata hitam, tiga kursi didepanku,"tahun kemaren kita juga ngalami hal seperti ini, kenapa tahun ini harus terulang lagi ya?"

kata mbak2 yg sebelah depannya lagi,"nggak njamin kok tiket paling mahal bisa memperoleh perlakuan yg paling spesial, podo wae, mau ekonomi mau eksekutif atau super eksekutif pun, tetep aja kalo apes ya apes.

jalur kereta emang gk semuanya ganda, ada yg masih cuma sejalur. jalur alternatif? jangan harap deh. di indonesia sekali ada rel kereta bermasalah, bisa2 kereta mandeg 5 jem atau rangkaian diputar arah mengelilingi pulau jawa!

salah satu jembatan rel kereta api di sebuah daerah di ngawi terbakar karena ada rangkaian tanki yg bawa BBM terguling n membakar jembatan rel kereta tersebut. masih mending (sifat dasar sebagian orang indonesia, nrimo) kita dah mo nyampe madiun (jam 15.15), bayangin aja argo wilis yg dari arah sby yg seharusnya dah ada di jateng, terhenti di sebelum ngawi (paron). entah berapa jam mereka teronggok distasiun nan kecil dan sunyi itu. dan solusi yg sangat pintar yg dibuat oleh pihak pt KA adalah dengan memberhentikan argowilis yg dari bandung di stas kedunggalar (sebelum paron kalo dari bandung) dan memberhentikan argowilis yg dari sby di stas paron (setelah madiun kalo dari sby). dan kedua penumpang kereta tersebut di oper dengan menggunakan media transportasi: truk polisi, bis2 auri yg, jgn nanya soal AC deh, yg penting diangkut!

bukan sok keren bukan sok elit, tapi kereta agowilis adalah salah satu kereta eksekutif kelas atas yg lewat di jalur selatan. jadi rata2 profile penumpangnya adalah kalangan menengah yg kebanyakan rada jengah kalo harus naik truk, atau bus berkondisi ala kadarnya dan jgn harap ada acnya, atau naik truk polri... gk pernah kebayang dah!!!

dan lebih membuat trenyuh, kebanyakan para keluarga yg mudik di kereta argowilis tersebut bawa bawaaan yg naudubilah buanyak, karena mereka emang mengandalkan para kuli stasiun untuk ngangkutin gembolan mereka. nah ini di stas kedunggalar, yg mana argowilis gk bakal berenti disitu kecuali ada awak argowilis yg sengaja mau turun disitu (jgn kaget kalo kereta eksekutif yg seharusnya HANYA berhenti di beberapa stas2 gede, tetep aja berhenti di sebuah atau beberapa stas yg gk jelas, karena ya mbisikin masinisnya supaya berhenti sejenak di stas tersebut). stas kedunggalar ya jelas2 gak ada kuli yg bisa dipercaya untuk bawain segala gembolan para keluarga itu, minta tolong penduduk? hii ngeri, mata para penduduk yg menonton (aje gile dah kita jadi bahan tontonan warga sekitar stas kedunggalar!!) jelas lah mereka pada melongo ngeliat penampilan para penumpang argowilis yg dateng dari kota pulang ke daerah, kalo yg biasa necis ya emang necis, tapi yg berlagak necis (mudik bo!) yg dandan abis, make jaket n kacamata gelap, sepatu hak tujubelas senti, dandan menor abis yg tiap sejam lipstik di re-poles... jelas jadi tontonan lah...

intinya, tiket yg kita beli yg lumayan termahal dibanding rangkaian kereta dengan jalur yg sama lainnya, tetep aja dalam kondisi demikian kita harus rela diangkut ama truk polisi n bus yg dah hampir masuk museum ituh...

No comments:

Post a Comment