May 10, 2007

mengapa wanita (bekerja) harus berpenampilan ok?

sempat dulu ada anekdot dari temen2 kerja pria, kalo beli celana dalam jangan yang model ibu-ibu yang nutupin seluruh bokong dan setinggi pinggang, please deh. celana dalam pun harus ngikutin tren? sapa yang mau liat celana dalam gw?

ternyata itu semua benar. jangankan baju luar, gaya rambut, make up, bahkan pakaian dalam pun akan mencerminkan self confidence kita.

"aku bekerja di back room, ketemu cuma dengan mesin, ngak pernah ketemu customer" eh jangan salah, sapa suruh anda berdandan untuk customer? berdandanlah untuk diri anda sendiri, tampillah serapi, secantik, sewangi dan sekeren mungkin untuk anda sendiri. tapi emang kok banyak sekali manusia indonesia yang tidak menghargai dirinya sendiri. tampil kemproh -mode sudah menjadi budaya bagi pekerja-pekerja yang merasa dirinya nggak perlu dandan.

- pake baju seadanya, dicuci tiap minggu, atau malah celana bisa dipake berhari-hari, yaicks!
- warna baju yg butut, walo emang lagi tren warna-warna mbulak alias sandwash, tapi ini kantor bo, apa yang kau pakai mencerminkan dirimu.
- bedakan doang (bahkan itu juga kalo inget) dimana jam 10 pagi sudah berminyak mengkilat dimana2, bau mulut dan bibir kering bikin orang males ngeliat apalagi ngomong
- sepatu butut, berdebu apalagi kena lumpur
- tas butut, nggak matching
- rambut nggak disisir, gondrong, sudah keluar-keluar.

bekerja adalah mencari penghidupan, pengharapan untuk mendapatkan rejeki untuk hidup. penampilan yang biasa-biasa saja membuat anda terlihat tidak semangat dan sangat nrimo. bagus kalo atasan anda cuek dan nggak peduli se-kemproh apa penampilan anda. tapi kalo saya menjadi atasan anda, hati-hati aja, setiap pagi akan ada peringatan untuk mengubah sedikit-sedikit penampilan anda, mulai:

- pakailah baju yang baru dicuci, bersih dan terseterika rapi.
- pilihlah warna baju yang jelas warnanya, kalo biru ya biru, kalo oranye ya oranye, bukan biru ke-oranye-oranyean atau oranye ke-biru-biruan.
- pakailah bedak dan lipstik yang terlihat sepanjang hari, nggak ada alasan abis makan, abis sholat dan lain sebagainya, bedak yang harganya 10 ribu juga banyak di pasaran.
- semir sepatu anda, atau belilah sepatu beberapa pasang lagi yang senada dengan baju-baju yang sudah anda punyai, pelajari kesetaraan warna apa cocok dengan apa, cari di google. banyak sepatu murah dan trendy yang bisa anda dapatkan di melawai, pasar baru, itc dll.
- belilah lebih dari satu tas, jangan warna hitam lagi!
- rajinlah bercukur atau ke salon, jika nggak punya uang, ikatlah rambut anda.

2 comments:

  1. Huahahahah!! Perlu di-les-kan di John Robert Power kali yeeee.. Atau pewrlu adanya majalah-majalah fashion ygbisa dibaca gratis di kantor2, terutama kantor pemeritahan yg tampang muke-nye n dandannye gak banget itu. Huahahahaha!!!

    ReplyDelete
  2. Anonymous04 June, 2007

    yo gak po-po, mbak .. wong gak melanggar hukum

    ReplyDelete