May 23, 2005

Bahasa Ibu = Bahasa Inggris

"honey, slow down, no running in the store ok?"
"go to your dad, ask him what is the title of the book, mommy's waiting here..."
"kevin, is this the book that your teacher's mentioned yesterday?"

---------------------
beberapa hari terakhir ini aku dah 2 kali ketemu ibu2 yang berkomunikasi dengan anaknya yang notabene masih balita menggunakan bahasa inggris. kesan pertama yang aku tangkap adalah, ibu ini smart. pertama aku ketemu ibu yg masih muda dan masih cantik, di QB book store di plasa senayan, lepas jam kantor. ibu2 tersebut sepertinya ibu rumah tangga biasa kalo dilihat dari penampilannya. bukan wanita bekerja di kantor. dia bersama anak perempuannya yang berlarian di dalam toko buku QB, dan anaknya langsung nurut dan duduk di sofa yang ada disitu sambil baca buku yang diberikan ibunya.

kedua aku lihat di toko buku di plaza indonesia, lupa aku namanya apa, sebuah keluarga kecil, ayah ibu dan anak berada di dalam toko buku tersebut, dan mereka bekomunikasi dgn bahasa inggris.

mereka wna? nggak juga, dilihat dari fisik, dan cara mereka bicara ke kasir yang indonesia banget, mereka adalah pribumi. tapi point utama adalah, mereka mengajarkan bahasa inggris kepada anaknya semenjak kecil (mulai bisa bicara) sehingga secara aktif anak tersebut bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris. dan pasti pula anak tersebut juga bisa berbahasa indonesia, karena dia harus berkomunikasi dengan teman dan lingkungan di luar rumahnya...

what a nice idea to raise a child...

No comments:

Post a Comment