Jun 3, 2005

Pedestrian RIGHTS!!!

hidup pejalan kaki!

bayangkan jika sepanjang sudirman - thamrin, orang2 berjalan kaki. polusi berkurang, orang semakin sehat, kemacetan berkurang, banyak kafe2 di sepanjang sudirman - tamrin, banyak tempat nongkrong di sudirman - tamrin, trotoar lebar dan enak dipake jalan. kenapa hal ini gk terpikirkan sih? atau emang dah dipikirin tapi... ya cuma sebatas dipikirin saja?

di jakarta ini (bandung juga sih) dihalalkan untuk motor naik ke trotoar demi membuat shortcut pada saat kemacetan jalan. alhasil apa yang terjadi? trotoar yang seharusnya layak dan comfort untuk dijalani (dipake untuk jalan kaki, red) dan tidak berbahaya, menjadi nggak enak untuk jalan dan kadang berbahaya jika ada motor yg nggak punya otak melaju di atas trotoar.

belom lagi warung2 rokok liar yang teronggok memenuhi kelebaran trotoar, membuat para pejalan kaki menyingkir ke bahu jalan untuk jalan kaki, males banget nggak seh? mana warungnya sangat amat kreatif sampe pake kursi tamu segala, di trotar itu juga!!!

ada lagi, motor parkir di trotoar, melintang gitu bener2 dah, buat apa ada trotoar? sekalian aja kagak usah dibikin, biar rada legaan jalanan mobil. gk usah mikirin pedestrian, wong toh juga trotoar pada akhirnya bukan untuk pejalan kaki :P

No comments:

Post a Comment