Mar 16, 2004

sumbangan masjid

setiap aku naik bis dari maospati ke jogja, pasti ada orang yg minta sumbangan untuk pembangunan mesjid/pesantren. dan kalo gk salah nama masjidnya atau pesantrennya itu2 aja dari dulu. kalo masjid, apa ndak selese2 mbangunnya? kalo pesantren mungkin emang dana operasionalnya sebagian diambil dari sumbangan2 itu.

yg lucu lagi, bbrp waktu lalu aku ke jogja dari maospati 2 kali dalam waktu yg berdekatan. dan dalam 2 kali perjalanan ke jogja itu aku bertemu dengan prang yg minta sumbangan itu, orang yang sama, kotak yang sama dan map yang sama. bajunya tetep baju koko, tapi warnanya berbeda, sama butut dan bau nya. pake kopiah haji putih yg butut juga. dan satu lagi yang masih sama yg dia pakai, sendal jepit bututnya.

dia masih muda, umurnya gak lebih dari 20 th, arabnya faseh, mukanya sebenarnya bersih dan tidak ndeso2 amat. dia nggak sekolah? jelas, jam segitu dia nyari sumbangan di bis2 antar kota. mungkin malamnya dia mengaji dan belajar.

apa bener ya dana itu digunakan untuk yang semestinya? kadang terbersit pemikiran kalo dana itu emang tempat dia untuk cari uang demi membeli beras dan lauk untuk dia, ayah, ibu dan adiknya...wallahu alam...

No comments:

Post a Comment