Jan 26, 2006

keikhlasan = ee ?

sempet pernah ada yg mengibaratkan keikhlasan (rasa ikhlas) itu sama seperti rasa saat kita ee/buang aer. benarkah? dulu sih aku pikir, bener juga, saat kita ee/buang aer, kita pasti nothing to lose terhadap ee kita itu. malah sebanyak2nya kita lepas dah. gak ada rasa memiliki, nggak ada rasa menyesal, dan nggak ada tendensi apapun terhadap lepasnya ee dari badan kita.

tapi apakah benar kita ikhlas pas kita ee/buang aer? are you sure? kayaknya nggak deh setelah dipikir-pikir. apakah kamu gak mikir kalo kelamaan ee itu kamu simpen di usus/perut, pasti bau kan? (inget iklan deh) pasti sakit kan? pasti jadi racun kan? makanya musti dibuang. nah karena ada kondisi seperti tadi, mendukung keinginan kita untuk membuang ee tadi. karena kalo nggak dibuang, dia akan jadi penyakit, malah kudu dan harus dibuang. gk ada urusan ama ikhlas2an, karena kita NGGAK MAU barang itu ada di tubuh kita.

sama aja dong dengan kita sedekah tapi menyedekahkan barang2 yg bener2 kita benci atau bener2 jelek, contoh yg lebih dalem lagi, kita ngasih baju robek ke orang yg butuh baju, itu emang ikhlas, tapi apa nggak kasian ama orang yg membutuhkan itu?

ikhlas adalah, memberikan sesuatu yg masih bermanfaat bagi kita, masih berharga, dan dengan membuang segala rasa sesal, rasa eman2, tendensi tertentu, dan setelah itu lupakanlah....

1 comment: