Aug 31, 2006

banyak anak banyak rejeki?

rasanya mungkin lebih bahagia jika punyabanyak anak. empat atau lima. asal suaminya pengertian dan baek dan pinter cari duit pastinya. ntar pas hari tua ada yg ngejaga, ada yg menyayangi dan memperhatikan.

beda sekali sekarang ya, orang mau punya anak aja mikirnya banyak banget, dan UUD, ujung-ujungnya duit. pas hamilnya butuh duit, pas ngelairinnya pasti, memelihara bayi, balita dll dll... dah pasti itu perlu dana yang harus di prepare (karena banyak atau sedikitnya dana ya relatif kan) dan satu hal terpenting lagi, sekolah mahal!!

nah sekolah mahal ini yang membuat pikir2 empat kali untuk punya anak lagi dan lagi. sekolah mahal lo, repot ntar kalo punya banyak anak. ya iya sih, sekolah tk sekarang aja di jakrata dah jutaan, belom lagi syarat2 masuknya, bisa sejuta-an untuk prepare alat sekolah. karena semua sudah ditentukan merek dan jumlahnya. dasar otak bisnis.

belom lagi sekolah sd, dan smp kemudian sma... palagi yang punya cita-cita nyekolahin anak sampai keluar negeri... wataw, kudu nabung kecuali dah punya pohon uang berupa investasi yang pasti.

dulu orang2 tua kita punya abak bisa sampai tujuh, sembilan atau dua belas, mereka nggak pernah mikirin beginian ya? karena bagi mereka (saat itu) anak membawa rejeki nya masing-masing... amin..

3 comments:

  1. Re, aku sih nggak mikir-mikir biaya. Aku nggak peduli berapa besar biaya harus dikeluarkan untuk membuat seorang bayi tumbuh dewasa dan jadi "orang". Sebab berdasarkan pengalaman, kalau kita dihadapkan kepada suatu masalah (termasuk masalah uang), pasti kemudian kita diberi kemampuan untuk mengatasinya. Berkali-kali aku kepepet dengan kondisi kantong cekak ketika sedang butuh uang. Eh, ternyata selalu saja ada uang yang datang.
    Jadi, kalau soal biaya anak, pasti aku nanti diberi kemampuan jika memang sedang membutuhkan uang. Dari mana uang ini? Kadang kita sama sekali tak bisa menduganya.
    Lagipula, aku percaya dengan kata-kata Rabrindanath Tagore, "Setiap bayi yang lahir selalu membawa pesan: Bahwa Tuhan belum bosan dengan manusia." Kalau Tuhan saja tidak patah arang melihat manusia, pasti Dia juga menyiapkan bekal untuk tiap bayi yang lahir, termasuk bekal biayanya untuk hidup di jaman susah ini (kapan sih, jaman tidak susah?).
    Masalahku cuma satu: aku belum punya anak!
    Allahu'alam

    ReplyDelete
  2. betul bluk... gw sih masih tetep setuju dengan ke-pede-an untuk punya abnyak anak... banyak anak banyaj rejeki pokoknya mah...

    hmm... keep n trying n praying ya bluk... moga2 rejeki mu segera datang melalui anak... amin

    ReplyDelete
  3. re...sekolah ngga mahal2 banget kok...kan ada BOS...jg skg SD/smp negeri juga ga bayar...kl mau ngirit dan kuliatas yahud..bisa homeschooling/sekolah rakyat.

    banyak anak banyak rejeki......betul..sangat betul...

    rejeki dalam pandangan saya bukan cuma duniawi saja..tapi lebih kekal/ hakiki rejeki di akherat nanti.

    rejekinya nanti..ketika kita meninggal..siapa yg mau ngurus kita..siapa yang mau mendoakan kita....

    semakin banyak anak..semakin banyak yg mendoakan...

    ps:di tunggu ikan bakarnya nih bu manager

    ReplyDelete