Jan 12, 2004

Mari kita laksanakan wajib memalak!


Jakarta oh Jakarta, siapa suruh datang Jakarta. Emang dah resiko sih ya hidup di kota metropolitan. Palak memalak adalah hal yg sudah umum, bahkan dianggap wajar! Hebat yah negeri kita ini. Dari anak-anak, dewasa, sampai manula pun sudah terbiasa dengan kegiatan yang satu ini. Emang sih seperti kata orang-orang, semua serba komersil di Jakarta, serba pake duit. Semuanya bisa dijadikan duit, bahkan informasi kos sekalipun!!!

Mencari kos di Jakarta emang gampang-gampang susah. Kenapa nggak susah-susah gampang? Emang banyak gampangnya, asal punya uang. Hehehe, kena deh poin nya, UANG. Udah untung alhamdulilah aku dapet kos tanpa bayar lebih dari uang bulan pertama, tanpa fee, tips dlsb. Atau mungkin karena langsung ke yg punya rumah kali ya? Sebab banyak sekali makelar-makelar kos di Jakarta yg biasanya kalo si mangsa berhasil deal dengan ibu (atau bapak atau mas) kos, maka beliau akan "memalak", dengan kata lain meminta tip (mengutip) dari uang sewa kos bulan pertama dari si penyewa kos.

Kata memalak yg dipake disini emang rada kasar ya kesannya? Gapapa lah, mau minta persen, minta tip, management fee, marketing fee, uang rokok, kopi-kopi, intinya sama semua, minta duit, alias malak hehehe.

Begitu pula pada saat bulan-bulan berikutnya setelah aku stay (kos) di Jakarta. Ada temen yg minta dianter cari kos. Dengan bekal list kos-kosan yg dulu aku punya dan list makelar+nomer hp nya yg dulu aku punya, kita carilah kos untuk sang temenku itu. Ternyata gk ada yg cocok. Pada suatu kampung yg cukup dekat dengan jalan utama di Jakarta pusat, dengan keadaan yg sangat capek, aku lupa gk ganti sepatu hak tinggi ku dengan sandal jepit, berkeringat, dan laper, lewatlah kami di sebuah warung kecil dimana ada ibu setengah baya, yang dengan ramahnya menyapa kami. Surprise juga ada yg ramah seperti itu di Jakarta.

Ibu, "nyari rumah siapa mbak?"
Aku, "ada kos-kos an nggak bu di sekitar sini?"
Ibu, "oh ada tuh di deket sini, mari ibu antar".

Caelaaah, baek banget si ibu ini, dalem hati aku dah ada pikiran, duh ini termasuk kategori suudzon bukan yak? Whatever dah, keliatan banget kok ada maunya, hehehe. Alhasil sang temenku cocok dgn tempat kos petunjuk ibu tadi.

Saat itu temen ku lagi nego sewa kamar ke calon ibu kos nya. Aku di teras ama si ibu informan tadi.

Ibu, "mbak kos berdua ya?"
Aku, "wah nggak bu, saya udah kos di deket kantor saya. Saya Cuma nganter kok"
Ibu, "wah kenapa gak setempat kos aja, kan biar deket ama pacarnya"
Aku kaget dan ketawa kecil,"wah saya Cuma Bantu temen nyari kos bu, kebetulan dia emang pengen nyari kos di sekitar sini"
Ibu, "oh ibu kira mbak itu pacarnya mas tadi, kelihatan baek loh masnya, sayang gitu ama mbak", sambil senyum.
Aku mikir, walah ibu ini nggak ngerti apa aku capek, keringet dleweran kemana2 wong ndak ada ac. Aku senyum aja nanggepin omongan dia.

Ibu itu ngomong lagi rada berbisik,"mbak, nanti tolong ya bilang ama masnya"
Aku heran, "ngomong tentang apa bu?"
Ibu, "nanti ibu minta persen yah? Kan ibu dah nyariin kos buat mas nya..."

Gotcha!!! Bener kan apa perkiraanku tadi... suudzon gak sih itu? Tau deh. Buru-buru aku bilang iya ke ibu itu, biar aman dan gak ditanya-tanya lagi. Bawel, pikirku.

Temenku pun senyum-senyum aja waktu aku bisikin nyuruh dia sisain uang ceban buat ibu itu.

Kebon kacang sebelahan ama kebon sirih
Lancang gak sih kalo sengaja nggak dikasih?

No comments:

Post a Comment