Feb 10, 2004

The Art of Gaming 7

Ini seri terakhir petuah Sun Tzu. Kata beliau, "Kemenangan sejati ada di pihak yang benar".

Saya terkejut sekaligus terkesan. Sun Tzu, ternyata menempatkan kebenaran sebagai elemen paling penting dalam mencapai sukses. Kalau dipikir-pikir bagaimana mungkin. Kalau kita pihak yang lemah, sedikit, miskin sumber daya, tidak punya kelengkapan, tanpa pemimpin yang andal, apa ada kesempatan buat untuk selamat ? Rasanya susah sekali.
Tapi Sun Tzu dengan yakin berkata, kebenaran adalah kunci segalanya. Hanya dengan niat yang benar manusia akan teguh pada prinsip, tabah, pantang menyerah, dan tak berhenti berjuang. Jika suatu usaha dilandasi niat buruk, cepat atau lambat pasti hancur sendiri.
Dan sejarah ternyata membuktikan hal itu.
1. Mahatma Gandhi (India) berjuang melawan bedil Inggriss hanya dengan satyagraha. India merdeka setelah beliau berjuang 40 tahun dari satu penjara ke penjara lain.
2. Rusia begitu kuat dengan paham Karl-Max nya. Karena tidak sesuai dengan kodrat manusia, mereka hancur sendiri.
3. Vietnam tahun 1960-an di atas kertas seharusnya kalah lawan USA. Susah diterima, akhirnya USA angkat kaki membawa kekalahan yang memalukan.
4. Irak, saat ini habis di sapu USA. Tapi saya kira USA kalah di mata manusia. Issue Weapon Mass Destruction tak akan mampu menutup niat buruk yang keterlaluan.

(kiriman dari papi isack, thanks to him :*)

No comments:

Post a Comment