Feb 5, 2004

Dalan ngidul kiri pak!

Dalam perjalanan dari madiun ke magetan, ada bis2 kecil yg bisa digunakan (emang cuma pake bis situ, kalo mau kendaraan lain, ya ojek, sampe pegel deh di bokong). Aku heran ya, bagi sebagian penumpang, untuk menyebutkan tempat2 dimana dia akan turun itu sangat mudah. Misalkan dia dah tinggal 5 menit lagi nyampe ke tempat tujuan dia turun dari bis, dia Cuma ngasih tau ke kondektur atau ke supir bis nama tempat yang pada saat kita nyampe ke tempat itu baru kita tau kenapa disebut begitu.

Contohnya si pedagang beras yang turun di sekitar sukomoro, dia menyebut "dalan ngidul" (jalan kea rah selatan) untuk tempat dia turun nanti, dan si supir ngerti. Padahal kan sebenarnya ada banyak dalan ngidul di sepanjang jalan dari madiun ke magetan ya? Ada istilah2 lain yg sering dijadikan nama tempat yg sudah dihapal oleh para supir bis dan kondektur antara lain: mesjid, kantor camat, polsek, wartel sahabat, bakso parmin, pasar mbaron, kanal, dll.

Cuma ada beberapa istilah yg sampe sekarang aku nggak ngerti kenapa disebut begitu: contohnya: kilometer. Pada saat seorang penumpang turun di kilometer, begitu dia menyebut ke kondektur, aku nengok ke sekitar tempat turun tersebut, gk ada hal2 yg menunjukkan kilometer tersebut... kepengen sih nanya ke kondektur, tapi dia lagi sibuk ngasih kembalian ke penumpang.

No comments:

Post a Comment